The Day I Finally Hold Her

Since the day she came inside my tummy as little as a peanut, I never experience any hardship or difficulties, after 6.5 years waiting, she came so gracefully....also during the delivery, here's the story:

Sejak ke-detect klo placenta gw tetep di bawah dan dipastikan via USG Transvaginal di minggu ke 35 klo ga salah, bu dokter langsung mutusin klo gw fix kudu sesar, doi recommend buat sesar di tanggal 10 Mei (minggu ke 38) biar menghindari kontraksi, gw juga dikasi obat anti kontraksi yang terbuat dari hormon biar menghindari bleeding dan Alhamdulillah jadinya gw bener2 ga ngalamin kontraksi ato bleeding sama sekali, even tiap appointment itu yang selalu ditanya bu dokter, karena klo in case gw bleeding gw harus langsung ke UGD dan maju jadwal sesar nya, let's say bisa jadi di minggu ke-36. Karena semua baik2 aja, jadinya gw ngelahirin tetep tanggal 10 Mei. 


Another issue adalah gw dah beliin tiket mae, pae & hadjik buat tanggal 15 & 19, karena awalnya kan HPL gw tanggal 24 Mei (sebelum tau klo ternyata gw harus sesar di tanggal 10). Secara Air Asia ganti tanggal sama aja kyk beli tiket baru, jd nya cuma tiket mae & pae yang diganti tanggal nya, dan cuma mae yang bisa nemenin aku lahiran. Tapi klo dipikir2 ini solusi terbaik juga, soalnya kasian pae ade klo harus bolak-balik RS-Condo secara penuh banget klo semua ikutan nginep di RS, even sebenernya kamar RS nya termasuk luas, bebas jam jenguk & bebas mau brp orang yg nginep.

Even dari awal hamil gw ga terlalu pusing apakah gw bakal ngelahirin normal ato sesar, yang penting gw & bayi sehat & selamat. Tapi pas dokter vonis gw harus sesar, rasanya ada sedih juga...dan entah kenapa ga terlalu banyak yg cerita detail ttg lahiran sesar dibanding dengan yg lahiran normal. Jadilah gw hubungin temen2 dan nanya mereka dulu lahiran normal ato sesar, dan tentunya nanya detail klo ternyata mereka dulu pernah lahiran sesar. Selain itu gw jg pastinya browsing2 dan nyari info di Pinterest, hasilnya?! Overwhelmed pisan sodara2! Too much information eventually will kill u! hahaha... akhirnya gw stop dan gw combine info2 berguna buat apa aja yg harus dibawa ke hospital buat persiapan sesar, that's it! Let's embrace my own journey instead! Ganbatte ne!!

Tanggal 9 Mei jam 4 sore gw dah disuruh ke RS buat persiapan sesar. Surprisingly hospital bag beranak jadi 1 medium trolley bag, diaper bag & picnic bed buat Syams bobo, sementara mae bobo di sofa yang Alhamdulillah empuk banget. Itu dah termasuk baju nginep Syams & mae buat nginep 5 malem. Mulai tengah malem gw disuruh puasa.
The view from our hospital room.

Suasana ruang rawat inap with Bangkok view.
Nyampe RS gw kaget karena langsung disuruh duduk di kursi roda, which is pengalaman pertama gw hehe, pas pulang pun sama. Malemnya gw mulai di-infus juga, again ini pengalaman pertama juga, sakit ga? awalnya ga enak, tapi lama2 terbiasa juga, yang ribet sih si selang2nya, apalagi pas udah dipasang selang keteter juga, pabaliut hehe. Sore itu gw, mae & Syams masih ketawa-ketiwi dan puas banget sama kamar nya yang somehow lebih luas dari kamar Condo kita, mana komplit ada Microwave, sink buat nyuci piring beserta piring, gelas, sendok & garpu, LED TV with many international channels, meja kerja, meja makan,sofa panjang, toilet nyaman yang toiletries-nya even better dari hotel, snacks, dll.

Baru nyampe ruang rawat inap ^_^

Malemnya gw ga terlalu lelap bobo-nya. Mungkin gara2 di-infus, mana suster bolak-balik mantau tensi & temperature badan gw mulu. Tapi Alhamdulillah sama sekali ga dikasi nervous. Sampe akhirnya pagi menjelang, baju diganti pk operation robe yang tali-nya di belakang tea. Gw mandi cuma di-lap di kasur sama suster nya. Bodoh nya gw mikir gw pengen cantik pas dipoto ntar sama bayi di ruang operasi, jdnya gw make-up an deh :p eh ga boleh ternyata, suruh cuci muka sm suster, gw agak bandel jd alis tetep gw pertahanin dikit hihihi sama foundation di bawah mata biar ga mata panda banget, see ini bukti klo gw sama sekali ga nervous hahaha :D

Lalu gw pun digiring ke ruang operasi dengan kasur yang didorong, orang2 biasanya suka pada ngerasa ngeri dan mana ini juga jadi pengalaman pertama gw, oh iya lupa bilang klo gw ga pernah sekalipun dirawat di RS, Alhamdulillah...jadilah terlalu banyak pengalaman pertama pas lahiran ini hehehe. Ruang operasi cuma 1 lantai di bawang ruang rawat inap, mae ngikutin gw tapi Syams ga keliatan, kata mae Syams lagi nyari kamera di kamar, gw pasrah klo ternyata gw masuk ruang operasi tanpa dadah-dadah sama Syams, tapi tiba-tiba Syams dateng right before gw masuk ruang operasi terus nyium gw di bibir ahh senang hihihi, Syams & mae doain gw pastinya, dan Alhamdulillah sampe sini pun gw teteh ga nervous. Oh ya di RS ini, klo sesar gw ga boleh ditemenin, cuma pas bayi dah keluar aja, suami bisa masuk bentar buat poto2 hehe.

Udah babay-babay sama Syams & mae gw dibawa ke dalem buat....dicukur bulu bawah (if you know what I mean) hehe...Alhamdulillah suster nya ramah dan good English, oh ya di RS ini suster rata2 ga terlalu bagus English nya, jadi biasanya ada suster Filipin yang jadi penengah pasien internasional dengan suster Thai,tapi klo dokter sih ok semua English nya :)

Beres dicukur gw pun dideketin sama dokter anastesi, ibu2 yang seumur mae gt ramah banget dan bagus English nya, dia nerangin gimana proses anastesinya. Lalu ga lama digiringlah gw ke Operation Theater, aneh ya kenapa namanya Theater? Ruangannya ga terlalu luas, cukupan lah. Gw disuruh meringkuk kyk Fetal Position buat disuntik Spinal Block, gw agak takut gara2 banyak yang bilang sakit banget, tapi Alhamdulillah biasa aja ternyata. Udah gt mereka memposisikan gw kyk disalib tapi posisi tidur, rasanya ga enak bgt pas obat anastesinya mulai bereaksi cing!! Sungguh ga nyaman! gimana ya rsanya gw pgn kabur ga mau dibelenggu kyk gini! si dokter anastesi pun kynya nyadar klo gw ga nyaman, dia pun bilang "Do you feel uncomfortable? Please wait for a while it will be better for a couple minutes". Dan ternyata bener, ga lama, uneasy feeling itu ilang juga, dan gw mulai ngedoktrin diri gw buat pasrah, jadinya gw beneran ngerasa lebih nyaman, malah gw ngerasa badan gw yang dibius which is perut ke bawah kerasa anget kyk diselimutin, beda banget yang kt cerita orang2 yang bilang klo ruang operasi itu dingin banget sampe bikin menggigil. Alhamdulillah lagi....Oh ya, berdasarkan temen gw Pipien, dia rekomen gw bawa kapas/tissue yang ditetesin minyak angin biar klo ngerasa mual pas perut kita diobok2 gw bisa ngehirup itu, jadilah gw keukeup si tissue yang ditetesin Fresh Care yang mae kasi pas otw ke ruang operasi, karena posisi gw di-strap tangannya jadi mana bisa gerakin tangan, jadi si tissue jadinya berfungsi sebagai release emosi gw klo ngerasa ga nyaman selama gw di-operasi, sambil terus nge-doktrin diri klo ini ga bakal lama dan bentar lagi gw bakal ketemu si kesayangan yang udah dinantikan semua orang. 

Kurang lebih setengah jam, dokter bedah yang satu2nya cowo di ruangan itu ngomong ke gw "Rae you ok?" gw jawab "I'm OK", terus dia malah ngomong lagi "I'm not OK, I already old, I feel tired" laaahcemana dok, becanda ini teh? heuu...terus kynya si bayi ditarik keluar perut gw, Ahamdulillah juga ga kyk kata org2 yang ngerasa mual pas perut kita diubek2, gw ga ngerasain itu...ok nih kynya anastesinya. Ga lama kedengeran lah suara bayi nangis kenceeeeeng bgt! somehow kyk naka bayi cowo nangis saking keceng nya, dan gw ga nyangka klo sesar bayi nya bisa nangis sekenceng ini juga. Si bayi ga langsung dikasiin ke gw, kynya dibersihin dulu sama suster, gw pun ngelirik ke arah pintu dan liat ada Syams lengkap pake baju operasi dan tutup kepala juga, oh ya lupa bilang, selama operasi gw dibolehin tetep pake jilbab loh! ga usah pake penutup kepala dari RS...baek bgt yaaa...  

Ga lama Syams boleh masuk dan bayi pun dideketin ke puting gw ceritanya buat IMD, tapi kyk formalitas doang hehe...gapapalah. Terus dipotoin deh kita bertiga sama di dokter anastesinya. Pas lita si bayi ya ampuuun putiiiiiiiiiiih bangeeeeet dan bibirnya meraaaaaaah bgt! cantiiiiik Alhamdulillah huhuhuhu anakkuuuuuuu....

Udah poto2, bayi & Syams pergi, gw tetep di meja operasi buat dijait keknya. Kynya total gw diruang operasi 1.5 jam lah. Beres dijait gw dibawa ke recovery room dan harus stay selama 1 jam buat dipantau oksigen nya ktnya. Ah finally lega deh keluar operation Theater, tapiiii gw malah kaligata sodara2! yes, ini gw banget, anytime gw feeling uncomfortable kyk pas ujian ato kepanasan dan pas kondisi badan gw ga fit gw bakal kaligata, dan kaligata itu di tangan, gara2 posisi disalib itu! jadilah selama di recovery room itu gw pegangin pinggiran kasur yang terbuat dari besi yang dingin banget gara2 AC hahaha ngehe bgt! abis nya pas gw minta cool pack ke suster doi biang kyk ada, yowes deh...boro2 bisa molor, yang ada gw liatin jam dinding terus berharap 1 jam itu cepetan udahan, mana ada kake2 sebelah gw yang baru beres operasi juga dengan selang dimana2 heuuu horce abis :(

Beres recovery gw dibawa balik ke ruang rawat inap dimana mae & Syams udah nunggu disana. Kondisi gw masih kleyengan dan bayi pun belum ada di kamar karena masih di nursery room. Sekitara jam 2 siang bayi dianterin ke kamar. Si geulis yang kita kasi nama Maira Keyla Nashrrullah artinya Bulan Cantik Pertolongan dari Allah SWT, terus klo disatuin jadi Mairakeyl alias Miracle karena tiba2 Allah ngasi anak setelah 6.5 tahun penantian secara natural...Alhamdulillahirrobbil alamiiin...

Luka sesar ga kerasa sakit gara2 masih ada sisa bius nya. Nyusuin masih dikit banget dan yang keluar ASI yang masih bening, padahal Maira nyedotnya langsung jago. Alhamdulillah suster2 nya Pro ASI banget. Klo kita dah decided mau Exclusive ASI, mereka ga bakal ngasi formula sama sekali. Tiap 2-3 jam sekali mereka bakal bawa Maira buat gw nenenin, pdhal gw nenenin masih sambil tiduran gara2 ga sanggup duduk, alhasil pegel lah si suster megangin Maira bahkan PD gw tengah malem heuuu...tapi klo pas Mira room in, mae yang bawain Maira ke kasur da si gw ga sanggup bangun dari kasur dan ngambil Maira di box nya. Makanya ga kebayang lah klo ga ada Mae, seribu jempol lah buat ibu2 yang beres sesar langusung ngurus semua sendiri.

Gara2 ASI gw keluar dikit pas hari pertama dan kedua, suster2 rajin mijitin PD gw pk kantong bersa yang dipanasin di microwave ato pk waslap anget. Mae juga bela2in bawa aer zamzam oleh2 Umroh terus diolesin di PD dan berdoa terus. Juga gw minum obat penamhbah ASI dari dokter. Alhamdulillah pas hari ketiga ASI nya nambah banyak. 

So far so good, yang nengok banyaaaak bgt! sempet 1 hari non stop tamu dari lunch time ampe jam setengah 10 malem, pdhal kan gw lahiran di rantau yaa, tapi temen2 baek2 bgt, temen Indo dari AIT, temen kantor,even yang dari Jakarta, KL bahkan Amerika pada dateng (gara2 lagi ada Workshop di kantor). kado pun jadi banyaaaaak bgt! Alhamdulillah....Maira juga bilirubinnya masih termasuk normal jadi ga perlu disinar dan bisa pulang sesuai jadwal. Ah semua kemudahan ini amat kamu syukuri ya Allah, makasii bangeeeet. Semoga kami dapat menjaga dan mendidik Maira sebaik2nya Amiiin....



  




Comments

anggun oktari said…
Ko foto yg bertiga d r.operasi ga dipostiiing.. pgn liat hihi.. baik yaa bolehin pake jilbab pas operasi.

Wilujeng yaa neng.. bahagia selaluuu.. lancar nyusuinnya, sehat terus semuanya :)
Atos direvisi bu guruuu ^^ tur nuhuuun Amiiin YRA bade privat via WA ah. Boleh tak?
Anggia said…
Intannn Wilujeng yahhh Semoga Maira Jadi Anak sholehah, sehatt pinterrr kebanggaan orang tua. Kiss kiss dari Bandung
Puti Manira said…
Yeayyy selamatt yaa gimana rasanyaaa hehe normal sc sakit sakit jugaa dehhh ...msh byk pr yg akan dtggg semangattt mommy
Tur nuhuuun Amiiin YRA, mmmuuacchhhh 💋
Ember, sama2 berjuang ya bok! :p
Yoyoyyy too many things to learn yes?? Nuhuuun
mecaonic said…
Mairaaa.. welcome world canciiiikkk.. sehat2 yaahh pinteerr.. ih Tuhan mah Maha Baik ya ceuu.. smoga dikasi kemudahan juga buat ngurusnyaa, insya Allah, amiiiiinnn 😘😘😘
yanda said…
Selamat ya, neng. Sehat selalu dua-duanya. Sumangaaat \(^0^)/
Tur nuhun euceu itaaa, diantosan carita lahiran cimican hihihi....iyahh pusan ceuuu, aku nyah yg kurang bersyukur wae...Amiiin YRA, aku mau berguruuu sm juraga brownies ahhh, kiss kiss 💋💋💋

Makasi yanda kece, Amiiin YRA, best wishes juga buat keluarga Yanda 💋
Anonymous said…
akhirnya baca juga.wilujeng nyaa,ntan.haloo baby geulis Maira. sing sehat motekar nya.ger uih ka indo atuh, meh tiasa ngaraosan cilok dan kawan2.
nuhun hey partner ngemsi :P
Amiiin tur nuhun ah, asyikk ditraktir boss BIG euy, sekalian atuh tiket PP oge nya kanggu mudik :D
Very nice pictures or mom and baby,thanks for sharing with us..

Hni Tips

Popular Posts