Chiang Mai Mooi!


Chiang Mai was a blast!!! Beneran deh, ni kota bener2 hi-recommend bgt klo lu mau maen2 di Thailand. Ini dia berbagai alasannya – menurut gw :

1. Udaranya mirip Bandung cenderung Lembang, saking dinginnya. Average 27˚C lah, dikarenakan lokasi yang berada di daerah pegunungan. Berbeda dgn kota2 besar lain di Thailand yg dkt pantai.
2. Banyak makanan Halal doong, duh surganyaaa ^_+ Dengan bebasnya gw mesen menu2 daging sapi cihuuuy. Katanya sih penduduk Muslim di Chiang Mai 10 % dari total penduduk, makanya bs nemu mesjid dan denger adzan, adeeem rasanya.
3. Banyak bgt tempat wisatanya, you name it! Mulai dari wat-wat (Budha temples), tribal villages, market, national park, zoo – with panda on it! WOW, night safari – with white tiger and sooo much more
4. Harga-harga di sini cenderung lebih murah dibanding di Bangkok dan kota2 tempat wisata lain. Contohnya Thai massage di kota lain biasanya 200 bhat/jam, disini bisa Cuma 120 bhat aja.
5. No traffic jam! Can you ask for more?;p

How to get there? Here’s the choices:

• By plane
Cuma 1 jam dr Bangkok. Coba rajin2 cek website Air Asia, gw dpt PP bwt berdua (gw & Ayang) cm 200 bhat ∞ Rp. 60.000 aja! Tp buat bulan Juli ntar hehe.
• By train
Kli ini gw pk kereta krn pastinya cheaper than by plane. Enaknya pk kereta adalah nyantey dan pemandangannya mantap serta bs satu gerbong dgn para backpacker bule ^.^. Kekurangannya adalah sangat tidak tepat waktu, bs molor 2-4 jam, heuu. Ada 2 pilihan utama :
1. Sleeper train
Kereta ini aslinya adalah kereta dgn tmp duduk hadep2an, tp bakal dibongkar sm mas2nya jd kasur bertingkat plus bantal dan selimut. Lama perjalanan = 14 bisa molor jadi 16 jam. WCnya gede dan bersih, lengkap dengan shower segala. Wastafel aja ada 3 berjejer. Harga yg non AC 500an-600an. Klo yg AC 700an-800an. Baht yaaa.
2. Non-sleeper train
Kereta ini kursinya kyk kursi bus dan sangat tidak empuk. WCnya kecil dan sempit. Lama perjalanan = 12 bisa molor jadi 16 jam. Dikasi makan nasi 2x dan roti sekali beserta minum. Harga 611 baht.
Jadi overall ya mending pk sleeper train^^
• By bus
Gw ga ada pengalaman pk bis. Tp yg gw baca2 sih ktnya mending pilih yg kelas 1, karena klo yg kelas 2 suka boong, bilangnya pk AC pdhal ngga. Harganya 500an, ga jauh beda kan sm kereta. Klo gw sih prefer kereta buat perjalanan jauh, lebih nyaman. Klo perjalanan 2-4 jam boleh lah pk bus hehe.

Kemana aja gw selama di Chiang Mai? Berhubung gw kesini dalam rangka ngintil Ayang yg lagi ngisi training dan ternyata gw pun disuruh sm si bos buat ikutan training jg di 2 hr terakhir krn relate sm kerjaan gw bulan ini, jadinya jalan2 pun dilakukan di selang2 waktu yg tersedia. Here’s d list:


1. Wat Doi Suthep
Ktnya ini number 1 must see in Chiang Mai. Pdahal biasanya aja kt gw, arsitekturnya sangat mirip Grand Palace versi mini. Tapi gara2 lokasinya di atas gunung, jd kita bs liat city view nya Chiang Mai dari atas. Oh iyah, tangganya lumayan aborsi ciiing!
2. Angkhang Royal Project + Museum
Kt kesini gara2 diajakin sm panitia training. Tempatnya jauh gilaaa, 3.5 jam dr pusat kota, jalannya ngocok perut, belok2 tajem nanjak edan, hardcore pokonya, untung jalannya bagus. Jadi ceritanya village ini dulunya adalah turunan orang Yunan, China yg kerjaannya nanem opium, terus Raja Bhumibol peduli sama mereka dan menga
bikin pabrik buat ngolah makanan dr hasil pertanian penduduk ini
3. Doi Sui Tribal Village
Desa suku jmn baheula gt, pengungsi dr Yunan, China. Kudu hiking, gratisan lho masuknya, cm bayar 10 baht buat masuk museum.
4. Walking street
Surga shopping bgt! Paraaaaaaaah, jd ni jalan namanya Ratchadamnoen Road, cm hari Minggu aja ditutup bwt jd pasar. Seru abis, semua local artist Chiang Mai tumplek plek jd satu, ada dancer, painter, handycrafter n even police officer yg bikin band terus nyanyi. The best walking street kt gw mah hehe.
5. Night bazaar
Ini ceritanya market versi tertatanya. Ada roof-nya. Ada performance on stage jg kyk Thai traditional dance dan kick boxing ato Muay Thai. Jadi ya harga barang2 disini cendering lebih mahal banding market-market lain.
6. Warorot market
Ini kyk kawasan China Town nya Chiang Mai. Ada pasar tradisional super gede, sayuran dan buah2annya seger2 bgt, pasar bunga jg ada. Terus banyak gang-gang nyempil yg jual souvenir dgn harga grosir lg. My fave place deh – emak2 bgt hahaha.
7. Royal flora
Ini dia klimaksnya!! Jd mulai Dec-March ada Royal Flora di Chiang Mai di kompleks taman super gede gt, lokasinya deket airport. Ini event tahunan dalam rangka merayakan ulang tahun raja, ratu dan pangeran. Saking gedenya si taman bunga ini ampe ada multilpe entry ticket – nya. Ini serius hi-recommend bgt, kt gw mah lebih bagus dr Koekenhof nya Belanda^^.

Ok folks. Happy holiday my dearest fren^^

Comments

akukie said…
waaaww..seruu..!! udah macem duta visit thailand ajah nih,berhasil membuat kabita dan pengen kesanaa!! hihihi..

ayo sering2 jalan2 lagi Intan.. dan tentu jangan lupa Review lagi di sini.. ^_^
ita said…
neneng, rikues foto 1-8.. :D

*bookmark page*
hihihi tur nuhun sadayana, sippp juragan2 ^^
Anonymous said…
intaaaannmmajakin aku kesanaaaa dooooonggggg :D
ayoooooooooook with pleasure

Popular Posts