Nostalgia Bandung 2003

Pagi itu sepertinya weekend, mama lagi jemur baju di loteng atas, terus gw yang lagi ngisi formulir SPMB cepet-cepet naik tangga ke atas, belum sampe ke atas, masih di tangga terakhir, gw teriak ke mama, "Mah, teteh milih jurusan apa ya buat pilihan kedua?" Gw lupa jawaban mama apa dan gimana diskusi kita sampe at the end kita memutuskan kalau jurusan kedua SPMB gw adalah Teknik Geodesi ITB....

Kenapa?
- passing grade nya lumayan rendah banding ITB jurusan lain
- ada kakak temen sebangku kelas 2 yg kuliah di jurusan itu (even sampe sekarang gw ga pernah ketemu dan apakah bener kakaknya kuliah di GD) jadi mungkin bisa tanya-tanya (ga kejadian dan cenderung lupa)

And then ya udah jadilah itu pilihan SMPB gw bersama dengan Unpad Farmasi & Sastra Inggris UPI.

Waktu itu gw belum pake kerudung, celana capri 3/4 warna biru tua jadi andalan, atasannya adalah kaos pink  terus hand bag centil beli di Grow motif bunga kuning & handle nya dari kayu, isinya paling dompet Gosh (o written as ❤️) local brand ato bukan ya yg penting Gosh dulu happening bgt di remaja 00an apalagi jaman sepatu tebel. Dan at the end si dompet dicopet di BTC, padahal itu dompet dibeli dari hasil keringat gw jualan permen loli yang isinya permen karet jaman SMA. Ga pake modal sebenernya karena itu barang jualan papa. Gw inget dompet itu harganya 30 ribu, warnanya kuning & biru, gabungan yg agak tacky, tapi cuma itu yang gw mampu, lupa juga beli di mall mana. Kenapa jualan di SMA? Karena jaman gw kelas 3, somehow di kelas banyak yg jualan, ada yang jualan cakue ~ karena papanya pengusaha cakue, ada yang jualan nasi goreng ~ karena mamanya jago bikin nasi goreng, enak bgt! Pedes 😋

Jadi most probably gw daftar SPMB pake dandanan di atas, kalo ngga atasannya diganti kemeja biru tua yang kayak kekecilan, ato kemeja Corniche ato Graphis kotak-kotak model cowboy tapi ngatung di pinggang, jadi kalo turun angkot harus narik kemeja nya biar ga 'insert coin'. Sepatu flat, tapi lupa yang mana. Mungkin cuma sepatu flat murah beli di daerah Kings yang belakangan terkenal nama tampatnya jadi Gerbang Marema, karena gw ga mampu beli di Edo (Edward Forrer) local shoes maker yang bisa pre order. 

Tempat pendaftaran SPMB di ITB, lupa exactly lokasinya dimana. Dianterin papa ato temen sekelas ya? Lupa juga. Gw inget pas daftar terus ada beberapa jurusan yg request surat keterangan bebas buta warna, sepert Teknik Geologi, dan itu dah termasuk ke paket Health Check buat anak-anak yang mau daftar SPMB. 

Gw inget semalam sebelum SPMB itu di rumah mati lampu, jadi bener2 ada alasan buat stop belajar, waktu itu 2 sepupu dari Subang juga ikut nginep di rumah demi ikut SPMB. Toh udah eneg juga belajar, secara dari kelas 2 SMA gw dah ikut bimbel GO (gara2 pas bagi raport kelas 2 gw dan mama dapet pamflet GO yang lagi promo, kalo ga salah 2 juta total ampe intensif SPMB dari kelas 2, jatohnya jadi murah banget). Paling ocon adalah jaman TO (try out) gw yang pede di Bahasa Inggris & Kimia dan sedikit Madas (Matematika Dasar) bakal ngerjain terus share sama temen2, sedangkan temen2 lain dengan expertise nya masing2 bakal share jawaban ke gw juga, jadi semacam kerja sama. Sungguh mulia dan efektif!!! Hahaha bodoh.

So, dengan bekal TO dan GO dari jaman kelas 2 ampe intensif sebulan sebelum SPMB gw akhirnya berjuang di kancah SPMB. Lokasinya di ST Inten Dago, too coincidence ya, entahlah, tapi jangan sampe gw kuliah disana *sorry to say hehe. Pulangnya gw melepas stress dengan jajan Lomie di Imam Bonjol, lumayan mahal buat kantong SMA, even buat gw jaman mahasiswa *kapan sih lo ga kere tan?! Bareng sepupu yang juga lokasi SPMB nya sama. 

Entah bagaimana tapi gw inget kalau temen sekelas pada ngebahas kalau ga ada yang lulus SBM ITB, yes angkatan gw adalah angkatan perdana sistem SBM ini. Gw? Jelas out of league, even univ swasta aja gw ga daftar at all. Gw dan mamah prefer daftar D3 UNPAD - Sastra Inggris karena pede dengan English pas2an & Polban - Teknik Sipil yang juga D3. Gw juga daftar Polman tapi ga tau kenapa kok ga lanjut ya? Jadi gw dah punya back up 2 D3 tersebut. Seleksi/Test lumayan gampang dan biaya pendaftaran pun tidak mahal, serta harapan mama gw bisa cepet kerja. Jadi apalah itu Marnath ato Unpar bener2 out of league juga...ampe kapan pun...

So, gw dah bulat kalo ampe ga keterima SPMB gw bakal kuliah di Polban. Sampe pegawai Polban dah hapal sama gw entah kenapa gw bolak-balik kesana. Sebelum kampus Polban ada tanjakan yang lumayan bikin tepar. Mengingat gw bakal ospek lewat tanjakan itu, mama ngajak olah raga tiap weekend biar kuat, secara rumah gw juga di tanjakan hehe.

All are prepared for the worst, that's why ga nyangka juga kalau ternyata ada nama gw di koran PR!!! Gw lupa jaman gw dah jaman cek di internet belum? Tapi yang pasti di koran ada nama gw! Daaan keterima di ITB!!!! Subhanallah ga nyangka bgt! Secara si ITB dipilih paling terakhir, sedangkan si unpad & upi dah dipikir dari jauh2 hari. Well, turned out katanya score Matematika Dasar gw lumayan ok, jadi ditarik ITB ( teori yg aneh). Gw & papa excited bgt! Tapi mama ngga, mama yang selalu concern atas semua pendidikan dan segala hal tentang anaknya tampak ragu, concern beliau adalah ke depannya, mampu ga... Mama yang selalu berpikir jauh ke depan, mama yang selalu berpikir berkali2. Tapi papa bisa meyakinkan mama. So that's it, jadilah gw masuk kampus yang katanya idaman banyak orang tapi ternyata ga terkenal di luar negri yang gw ga nyangka sama sekali gw bisa masuk dan gw juga nemu jodoh disana dan punya  banyaaaaaaaaaak banget cerita dari si kampus gajah duduk ini! Dan gw selalu berpikir university period is the best time of my life!

Comments

Puti said…
dianter kabogoh meren ntan aahha tyt pilihan kamu sasing jg hehe duh gosh edo itu 90s banget yaa, gw milih sasing krn udah mabok kelas ipa hoeks stress hahaha dan bener bimbel itu asa kurang efektif ceuk saya scr bolos wae bobogohan haha
Hahaha ngga atuh saya mah jomblo put :p
Eta pisan! Mana GO lokasi nya di blkg BIP, bagus bgt! Hahaha! Sasinh singkatan dari apa put?
Anonymous said…
Seru cerita nya, Nostalgia pisan.. 👍 -bc-

Popular Posts