My Pleasant Pregnancy

As mentioned on previous post, over all my pregnancy has been such a pleasant journey, Alhamdulillah...So let me elaborate for each trimester I had:

First Trimester

  • Harus naik pesawat sendirian balik dari Indonesia ke Thailand, dikasi obat penguat janin sama dokter di Bandung, Alhamdulillah gapapa.
  • Cuma ngasi tau keluarga inti, atasan dan team member di kantor & sahabat-sahabat deket aja, masih parno takut ada apa-apa.
  • Nyari dokter cewe di Rumah Sakit kantor, Paolo Memorial Hospital. Alhamdulillah dapet, cantik dan bagus bahasa Inggris nya. Downside-nya adalah: doi nge-print hasil USG di ketas HVS doang huhuhuhu :(
dr. Sasiluk
  • Alhamdulillah dari awal telat mens, no morning sick, nausea, no food craving, no mood swing at all. Sempet sih mual dikit karena commuting yang bisa ampe 1.5 jam one way itu. Alhamdulillah akhirnya decided buat pindah ke Bangkok, jadi no need commuting yang menyiksa dan menyita waktu lagi.
Our bundle of joy pas masih 9 minggu, masih ciliiik hihihi.
  • Sempet sakit flu, sakit tenggorokan, including batuk 2 kali (2 x 3 hari) di waktu yang berbeda, tapi berhasil dihajar sama rebusan jahe, campur madu & perasan jeruk nipis. Sempet juga bikin sop ayam pake jamur, enaaak banget rasanya soothing gitu. Dan selama sakit itu pas banget ditinggal Syams ke luar negri loooh! Tangguh kan?? Sempet patah hati gara-gara spray andalan Kamilosan buat batuk & sakit tenggorokan ga aman bagi ibu hamil, hix :( Gw mikirnya ini gampang sakit banget gara2 si dokter cuma ngasi asam folat doang tanpa vitamin, secara lagi musim sakit banget (ceritanya lagi winter di Thai teh)
Batagor kuah jahe

My home remedy

  • Riweuh banget pindahan, packing segambreng barang secara lagi hamil muda ya bok! Alhamdulillah kuat dan ga kenapa2, tangguh banget ya si bayi, ahhhh I love you to the bone Nak, mmmuaachhh! Dapet condo-nya aja asa dimudahkan banget, cuma join grup FB Bangkok Apartments & Condos For Rent terus dihubungin sama agent orang Italy dapet deh :)

Sticker lucu di condo kita

Second Trimester

  • I already know the baby sex! I hope she will be a charming lady, considerate, adventarous, smart, tough, religious, ahhhh too many expectation for you beybehhhh! but for now, just be healthy and normal, ok? Yeah! we can do it!!!
  • Dokter ngasi vitamin yang ada iron-nya dan calcium which is Redoxon Made in Indonesya dooong! yuuuuk.
  • Karena gw hamil, jadinya ga bisa pergi dinas, padahal awalnya gw harus ke Filipin, Brunei & Indonesia, dan judulnya adalah ke lapangan. Jadinya other team member deh yang gantiin gw ke lapangan, dan jadinya gw ngolah data di kantor. Deadline mepet banget taun baru, jadinya harus kejer ngolah data sampe di kantor ampe jam 10 malem, lanjut di rumah ampe pernah jam 3 pagi, even pas anuual leave aja gw pake buat ngolah data. Ga tanggung-tanggung doong pake 3 laptop ajaaa, 1 laptop kantor, 1 laptop di rumah, 1 laptop kantor sam, parah ya??! Bu again, my baby so strong! Alhamdulillah doi baik2 aja, makasi ya Allah...tapi gw suka guilty soalnya malah lebih mikirin kerjaan banding kehamilan huhuhu. Oh ya belum lagi di kantor gw yang sistem nya kayak sekolahan, tiap taun ada target Online Tests yang harus diberesin dan nilainya masuk target, dan gw baru sadar gw ga ngelakuin any Online Test that year, ngelakuin sih, tapi less banget, jadi gw kejar setoran juga dong pas libur taun baru itu! sampe sam yang ngingetin pas kita lagi liburan di Hua Hin, kalo besok pas taun baru adalah deadline nya heuu, klo ga gw ga bakal dapet bonus taun depan ciiing :P
  • Liburan taun baru!! Babymoon kitaaa hihihi, naek kereta api 4 jam ke Hua Hin, pulangnya mah naek van 2-3 jam lah. Jalan2 ke Night Market, pantai (tapi ga maen aer) & Santorini KW yang puanas nya poool! tapi potonya bajus-bajusss senaaaang :) Our last liburan nih ya kita sebelum jd orang tua hihihi. Alhamdulillah kuaaaat diajak jalan setengah-satu jam dong! juara yaaa? Ah gimana ga pleasant pregnancy coba? Nikmat mana lagi yang kau dustakan Intan?
  • Gw sempet galau kenapa ga ngerasain gerakan bayi di perut pas usia kehamilan 23 minggu, padahal temen bule di kantor yang hamil barengan juga (doi ahead 3 weeks from me sih), udah ngerasain huhuhu. Pas nanya dokter katanya klo pas USG bayi nya gerak terus kok, terus placenta jg di belakang bayi, jadi harusnya kerasa. Googling menggila lah hahaha, tapi Alhamdulillah finally kerasa jg, even awalnya cm kejut-kejut doang, tapi lama-lama berubah jadi kyk gelombang gt dalem perut, dan sekarang udah heboh bener ni di perut, 
  • Ini pas si cantik umur 15 minggu, ini USG kesukaan deh soalnya udah keliatan kyk bayi beneran terus bibir jeding nya jg jelas hihihi.
  • Pas 25 weeks gw disuruh cek "gestational diabetes" sama dokter. Menyiksa banget secara disuruh puasa dari tengah malem, terus diambil darah tiap 2 jam sekali selama 4 kali, dari pagi ampe siang, sebelumnya disuruh minum aer gula manis banget gitu, lemeeees banget rasanya huhuhu mana sendirian pula, gara2 sam pergi kerja. Hasilnya langsung diterangin sama dokter klo gw "hampir" punya "gestational diabetes" gara-gara resultnya contains 1 abnormal value diantara 4 values, harus normal value 155, gw 156. Tipis banget kaaan huhuhu sediiih. Katanya diabetes ini bisa ilang klo dah ngelahirin nanti. Tapi tetep gw harus diet & exercise biar sehat. Wokeh, gw harus makan dikit2 tiap jam instead of makan porsi gede sekali makan.Iya sih sebelum tes ini gw lagi enak banget makan malem bisa ampe tambah nasinya, asa nikmat banget, pdahal cuma masakan sendiri doang heuu. Gw disuruh olah raga renang juga, untung kolam renang condo kece dan ga dalem hehe.
Ruangan test nya lucuuu >.<
  • Baju kantor masih normal tapi bra wajib beli baru, kaget bok ukuran cup ampe maksimal gitu pas nanya ke mbak2 di counter bra ELLE, ternyata ukuran gw ukuran paling gede berdasarkan jenis bra yg gw pengen (tanpa kawat dan lembut), sejarah baru cuuuy hahaha, tapi jadi turun euy, yahh resiko :P
  • Sempet dateng ke Baby Expo di Queen Sirikit Convention Center, ya ampuuun nyesel deh, overwhelmed banget! gilaaa banyak orang bgt! prikitil bayi juga banyak bener, jadinya cuma beli alas bobo bayi yg ada mosquito net nya.
  • Gw ulang taun ke 31 yuuuk, tuwir beneeer :P tapi Alhamdulillah Allah ngasi kado supeeeeeeer banget! including suami yang baik banget! liat deh kue surprise nya lucu abis kan, seperti biasa Teh Diah suka ga mau dibayar huhuhu

  • Keluhan: kalo sujud pas shalat suka eungap, keputihan (baru tau english nya teh Vaginal Discharge hehe) sampe dikasi obat yang dimasukkin gitu heu, gusi berdarah pas sika gigi, pegel punggung, pinggang & bujur apalagi kalo maksain masak 2 pas baru pulang kerja, no more dehhh,gara2 pengen bikin nasi tim ayam kesukaan.
Penyebab sakit pinggang sampe kyk mo copot

Third Trimester

  • Ukuran kaki naek 2 ukuran dong! dari 35 jadi 37 tapi ga bengkak kok, cuma jd manjang aja, ajaib yaaa, dan pas liat ada SALE TOMS aduuh mana tahan, padahal model yang gw pilih ternyata cm sale 10% damn, tapi kepake pisan tiap hari deh itu mah ke kantor dan weekend jalan2 ga pegel dan matching ke smua outfit dan ga cepet kucel kyk TOMS canvas.
compare ukuran before and after hahaha
  • Surprisingly kuat thawaf IKEA dong! even pegel kaki & bujur tapi kuat dari pagi ampe malem hahaha parah gara2 butuh beli ini itu buat si condo
Isi bensin sebelum thawaf IKEA :P
  • Lagi suka banget kue marie dilembekin, marie nya oleh2 mama dari Bandung, marie tunggal, udah abis huhuhu
  • Sometimes loose my breath if I walk too fast
  • I literally walk like a pinguin -_-
  • Baju kerja mulai pada ga muat, tapi celana kerja selalu muat gara2 strech, legging BFF lah, dress kaos, and loose top
  • Always feel heavy at the bottom of my abdomen & buttock especially when I get up from long sit and want to go to toilet
  • Sometimes had constipation but most of the time is fine, hail to watercress juice near my office, only 15 baht hahaha, also yoghurt as a breakfast, I love the low fat one.
  • Sempet seminggu vitamin abis, terus gw jadi suka mabok gt pas perjalanan ke kantor tapi langsung seger klo dah baca email2 kantor, curiga si cantik bakal jadi wanita karir nih hahaha
  • Bete gara2 baru sadar kalo di Thailand cuma ngasi gaji 1.5 bulan doang buat yang ngambil Maternity Leaves 3 bulan, why????! peliiiit :(
  • Suka banget cek2 grup FB barang2 bayi seken expat di Bangkok, so far gw jd beli Pompa ASI AVENT Manual & bath up dari orang Jerman, stroller Mothercare & cooler pad dari orang Inggris, next gw bakal beli diaper bag & botol asi dari orang Jepang.
  • Gw sempet galau dan mewek2 soalnya bakal ditinggal Sam hampir sebulan karena dia ada dinas ke 4 negara, huwaaaa. Setelah mikir2 ya udah akhirnya diputuskan gw minta mae temenin gw hehe. Padahal kasian mae baru pulang banget dari umroh, cuma istirahat seminggu langsung terbang lagi ke Bangkok buat nemenin anaknya yang lagi hamil, mae stayed for 3 weeks. Ahh seneng deh, Alhamdulillah gw nya masih kuat jalan-jalan, 




  • Dokter baru bilang kalo gw ada kemungkinan Low Laying Placenta, jadi bisa2 harus sesar :( tanggal 12 April besok (hampir 35 minggu) gw bakal Vaginal USG buat cek lagi. Doain placenta nya gerak ke atas ya teman2 huhuhu. Karena bisa beresiko bleeding klo maksain normal....
Muka si cantik, dengan bibir jeding nya hiihihi, kt dokter mirip ibunya :D

  • So far cheating: milk tea, green tea, indomie (bukan karena ngidam, tapi gara2 males masak buat Sam, jd gw nyomot dikit hehe), tuna, makanan ber-MSG, maafkan ibumu yang badel ini Nak, jangen diserap yang jelek2 nya yaah, serap nutrisinya ajah, muuachh.


Comments

Puti said…
so happy to hear it xixi..walah jadi ini teh udah cuti hamil yah..semoga lancar ya.. cewe yaa asikkk samaan sama faya..enak loh anak cewe mah haha :p..update lagi yah buuu, btw lahiran di thai yaaa, klo di bdg ditengokin yg penting pokonya lancar sehat semuaa ya bayi ibu bapak nenek kakek semuaaa, selamat deg2an..
Teu acan ceu, ntar tgl 1 cutina, tur nuhuun pisan pidu'ana. Muhun semoga cantik & tinggi kyk Faya 💋

Anonymous said…
naha aku mah fokusnya di bra 'rekor baruu, tapi jadi turun sih' :))))))))))
Pasti mun aja emoji bakal milih nu seuseurian baru gugulingan da? 😌
anggun oktari said…
Iih aku senyum senyum bacanyaaaa.. sing lancar yaaa lahirannya.. sehat terus, bahagia selaluuu.. cup muah
anggun oktari said…
Iih aku senyum senyum bacanyaaaa.. sing lancar yaaa lahirannya.. sehat terus, bahagia selaluuu.. cup muah
Aduuuh ampe 2x gt bugulu komennyah, aku terharuuu ��
Tur nuhun pisaaan, Amiiin YRA✨ Kecuuuuuppp manjaaa ����

Popular Posts