Perempuan Jum'atan. Why not?

gw punya kebiasaan baru : Jum'atan bareng suami.

Sounds weird mungkin, gw jg pertamanya pas diajak suami balik nanya emang bole y? (gw dgn pengetahuan agama yg minim), dan ber-googling lah gw ini hasilnya :

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS Al-Jumuah: 9)

Namun karena ada hadits di atas yang menjadi muqarin (pembanding) dari keumuman ayat Al-Quran itu, maka kita harus menggabungkannya. Sehingga menjadi pengertian bahwa shalat Jumat itu tidak wajib bagi wanita, hanya wajib bagi laki-laki. Namun bila seorang wanita ikut salat Jumat, maka tetap sah dan cukup baginya salat Jumat itu tanpa perlu lagi melakukan shalat zuhur.

Jadi, bahagialah gw tiap hari Jum'at krn bs brg suami ke Mesjid Maroko dkt hotel (FYI disini gw & suami tinggal di hotel kampus) hmmga dkt2 bgt c sebenernya..jalan kaki seperempat jam lah..tambah aja gw tak terpisahkan sm dia, bareng terusssssss, secara kompensasi LDR mulu hohoo..

Pertamanya gw ditunjukkin dulu sm suami (kyny dia cm nebak2 c) dmn tmp akhwat shalat, dan alhamdulillah emg bener disitu, pintunya agak di belakang mesjid dan berada di lantai 2, dan ternyata sodara2 byk bgt akhwatnya, ibu2, remaja putri lengkap dgn anak2 kecil serta bayi (tipikal lah ya, dimanapun pasti gini seorang bunda hrs bawa anaknya kmn2), iyah jd biasanya mereka klo jumatan segambreng sm semua anggota keluarga, berasa mau shalat ied aja hehe, dan tentunya ga ada yg pk mukena, cm gw hahaha, tp better lah dr mesjid di Paris yg pada ga nutupin kakinya (ato krn skrg lg winter?ah ngga jg kynya), oh iya emg di NL ini cukup byk jg komunitas Turki-nya, jd byk Muslim jg, tp entah knp ko mesjidnya malah mesjid Maroko, hehe..

Jadi, pas gw dtg, gw buka boots dan gantung coat & syal d tmp yg disediain (emg krusial gantungan coat disini). eh eh ngga deng, gw pertama jumatan pk coat dooong, dasar bodo, jdnya gw tampak kyk robot hahaha...pke mukena, terus, duduk, ngedengerin khotbah (seringnya pk bhs Arab, have no idea apa isinya, kadang pernah jg pk bhs Belanda, yg pasti doa2nya sm lah sm di Indo), terus shalat jumatan deh...

Deket tempat shalat ada jg dapur gt, pernah mereka kynya masak bareng gt, wangiii bgt aromanya hehe...biasanya udah shalat suami tercinta dah nungguin di luar, dan....tanpa terasa sekarang dah jum'at lagi, jum'atan nyokkk^^




Comments

mecaonic said…
iya emg katanya sbnrnya boleh ya..
cuma disini si jarang bgt keknya.. :p

ada jg disangkain ngeceng :))
hahaha butul2 berasa aneh bgt tiba2 cw sendirian ujug2 LOL

hepi weekend ceu^^
anggun oktari said…
aku juga pernah ikutan jumatan sekali neng, pas umroh kamari, tapi da emang di ditu mah akhwat oge pada arikutan da, dan iya paket lengkap bareng orok2 dan balitanya hehe
sumuhun guno, coba di indo jg gt ya..

jadinya merindukan hari jumat hehe

deu, komennya pk blog couple uy prikitiwww :D

Popular Posts