Onde-Onde

Gara2 gw nemu onde-onde Thai yg exactly the same with our onde-onde, tp cm bs gw beli hari tertentu aja pas ada pasar kaget di university sebelah, itu pun kadang lapaknya ga jualan. Jadi deh gw pgn bikin sendiri. Mulai dari hunting ingredients-nya di Supermarket. Agak mahal jg ya bo kacang ijo dan wijennya (ato gw ga tau harga pasaran di Indo y?)hehe. Anyho, akhirnya gw msk ini jg
Oh ya, gw msk ini pas gw ga shaum gara2 tamu bulanan, right after my sick. Niat jg y gw?haha. Awalnya semangat, tp di tengah2 gw marah2 sendiri gara2 agak ribet jg bikinnya (ato gara2 gw lg M-biasanya gw PMS berkepanjangan pas mens hihi). Tapi Alhamdulillah eksekusinya oke jg, pas dicobain buat tajil suami pun memuji yeah^^. Tadinya males moto, tp ga tega liat kelucuan onde-onde ini tsaaah, padahal percobaan pertamanya ga secantik ini, benjol2 bo hahaha. So, here's d recipe (adapted from teh diah):

Bahan kulit:

125 gr tepung ketan
2 sdm tepung beras
60 gr gula pasir
100 ml air
Wijen
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

bahan isian;

125 gr kacang hijau kupas (rendam semaleman lalu cuci bersih)-keknya ada di supermarket deh yg dah dikupas
60 gr gula pasir larutkan dengan 25 ml air

Cara membuat isian:

1. Kukus kacang hijau +1/2 jam bisa juga direbus lalu disaring

2. Tumbuk kacang hijau hingga halus 
3. Campur air gula, kacang hijau aduk hngga rata
4. Bulatkan sesuai selera

Cara membuat:

1. Masak air, gula dan daun pandan hingga mendidih, dinginkan
2. Campur t ketan, t beras lalu tuang air sedikit demi sedikit air gula adon hingga kalis atau tidak lengket
3. Ambil sedikit adonan pipihkan lalu isi dengan isi kacang hijau (sesuai selera) bulatkan lalu gilingkan ke dalam wijen sambil ditekan tekan agar wijen menempel
4. Goreng dalam minyak banyak sambil terus diaduk aduk dengan api sedang hingga kuning kecoklatan

Tips:
1.Onde onde meletus saat digoreng selain disebabkan karena takaran gulanya kurang pada adonan kulit bisa juga dikarenakan minyak terlalu panas pada saat menggoreng
2. Kerenyahan onde onde hanya sebentar saja disarankan untuk menggoreng sesaat sebelum akan disantap sehingga onde onde masih renyah


Comments

akukie said…
intan keyeen...
gw suka banget onde2..tapi belom pernah mencoba membuatnyah!! hahahha
lempar semangkok donk tan... ;)
hehe makasi chef suskia^^dah gw lempar tuh, mentul2 keknya hihihi

cus cus tulis2 resep2 lu jg dong, pasti canggih :)
ita said…
anjis, dia masak onde2 aja lohhhh!!
*sembah* *colong dikit* :p
anjr*t gw dipuji cw plano cantik nan sexy, makanya kopdar nyoook!

Popular Posts