Tut tut tut naek kereta api

Kereta api emg udah jd jenis transportasi yg paling favorit buat gw dr kecil, dr jaman mudik lebaran Bandung-Solo ato jaman job seeking Bandung-Jakarta :D...enak sih, nyaman, jarang bikin pusing, santai, pemandangannya bagus lagi.

Pas di Eropa apalagi, ya paling enak buat jalan2 pastinya by train. Lha wong, semuanya satu daratan, ga kyk Indonesia yg berpula-pulau...nyaman, even lebih mahal dr bus, tp gara2 suka ada pilihan paket dan tiket murah di musim2 tertentu jd ajah mending kereta lah drpd bus klo untuk perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri.

Tapiii...ternyata, kita berdua lumayan punya banyak pengalaman yg kurang menyenangkan dengan kereta di Eropa ini, here we goes..
  •  Diturunin di Utrech
Pas kt pulang jln2 dr Waterland dan Delft, ternyata tiba2 keretanya mogok sodara2, di tengah stasiun yg tampaknya msh blm jadi...setelah menunggu hampir 1/2 jam di dlm kereta yg diem, kt diturunin aja dong!!!dodol bgt kan?pdhal waktu itu dah  mlm, pas Spring, jd udara dah mulai dingin dan anginnya ga nahan bo!terdamparlah kita di suatu shuttle bus in the middle of nowhere, ternyata kita ada di pinggiran kota Utrech- Belanda tengah, padahal tujuan kita mau ke Enschede-kota paling timur.

Akhirnya kita dan semua rombongan bekas penumpang kereta itu harus nunggu bis dengan tujuan Utrech Central (Stasiun Utrech), lalu br bs ke kota tujuan masing-masing. Waktu itu kita ketemu org Indo yg emg tinggal di Utrech, jd klo dia sih ga terlalu masalah, nah kita tujuannya kampung Enschede bo!masih jauh nian...Ternyata usut punya usut, kenapa kita diturunin begitu aja td itu gara2 sistem train di Belanda carsh!dan pusatnya emg di Utrech ini, because of Utrech is located in the central of The Netherlands region. Aaah tidak, jd ada kemungkinan di Utrech Central pun ga bakal ada kereta dengan tujuan Enscehede, bus pun ga ada yg tujuannya Enschede krn terlalu jauh dr Utrceh, mulai panik.

Bukan hanya itu saja sodara2, waktu itu dengan bodohnya kt ga bawa uang euro cash yg banyak, cm receh2 belaka, jd agak deg2an klo uangnya korang buat naek bis ini, krn ko asa ga nyampe2 aja sih perjalanan ke Utrech Central ini...tp alhamdulillah cukup ternyata. Di Utrech Central kita berpisah sm org Indo td. Pas msk stasiun, bener aja dong, semua org riweuh dan panik ngeliatin layar informasi train schedule yg ampir semuanya delay-termasuk ke Enscehe!!ah lemes rasanya :(...Pas situasi darurat gini, gw sadar klo hrs selalu stay alert dan berpikir cepat-OS IMG ada gunanya jg hahaha. Gw liat dgn seksama informasi jalur yg ngga delay, ternyata ada Utrech-Hilversum, gw asa kenal kota Hilversum ini, pas gw tanya ke Ayang, Hilversum dmn?ternyata emg searah dgn Enschede, so....tanpa banyak mikir lg, langsung lari kita ke jalur kereta Utrech-Hilversum berada, kan konyol klo ketinggalan kereta satu2 nya harapan kita buat pulang...oh iyah gw lupa kondisi parah kita yg lain adalah: Hari itu kita jln2 pk Dagkaart, kykdi gbr bawah. Jd sistem dagkaart ini buat jln2 ke seluruh Belanda dlm 1 hr dgn harga setengah dr aslinya, tp cm buat 1 HARI AJA = cm ampe jam 12 mlm doang!!, secara gw pas kita nyampe Utrech Central itu dah jam 10 mlm, glek!panik panik panik...

Berhasil lah kita naek kereta menuju Hilversum, penuh sodara2!semua org tampaknya heboh ngebahas masalah kereta ini. Gw yg msh pgn make sure kt msk kereta yg bener nanya lg ke Oma-oma yg duduk di seberang kita. Bener ktnya, Alhamdulillah. Terus ada bule ganteng yg ternyata bisa bhs Indonesia nanya kita mau kmn?hehe pd baik2 lah pokonya bule2 itu.

Dah turunlah kita di Hilversum, ternyata kita ketemu sm org Indo tmn kuliah Ayang, wah senangnyaaa ada tmn yg senasib hehe, dia jg sm stress nya gara2 masalah ini, dan berpikir apa harus nginep di stasiun klo emg kereta ke Enschede ga bakal ada. Hiii ngebayanginnya aja males, secara bakal dingiiin bgt dan takut digangguin sm org mabok horor deh!jgn sampe deh...Setelah ngobrol beberapa menit, alhamdulillah ada doong kereta ke Enschede, uh senangnyaaaaaaaa kitaaa, di dalem kereta kita msh deg2an takut diperiksa tiket kita, krn dah lewat jam 12 mlm waktu itu, tp ternyata ga papa, krn extra ordinary situation, fyuuhhh legaaaa...tp kecewa jg sm servis NS (perusahaan kereta Belanda), ko kt diturunin begitu aja :(, sebelll...
 
  • Salju oh salju
Pengalaman kedua pas gw ke Belanda kedua kalinya, tp dipending dulu ya ceritanya, pegel uy hihihi..Ciao^^

    Comments

    Popular Posts